Pengertian Pembelajaran Matematika
Pada
kesempatan kali ini web Kajian Teori akan membahas mengenai apa itu pengertian pembelajaran dan
pengertian matematika. Pembahasan materi tersebut akan saya sampaikan dengan
sumber yang sudah saya kutip dari beberapa buku.
Pengertian
Matematika
Matematika
diartikan oleh Johnson dan Rising (Erman Suherman, 2003: 19) sebagai pola
berpikir, pola mengorganisasi, pembuktian yang logik, bahasa yang menggunakan
istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat representasinya
dengan simbol dan padat. Matematika menurut Erman Suherman (2003:253) adalah
disiplin ilmu tentang tata cara berfikir dan mengolah logika, baik secara
kuantitatif maupun secara kualitatif. Menurut Johnson dan Myklebust yang
dikutip olah Mulyono Abdurrahman (2002:252) matematika adalah bahasa simbiolis
yang fungsi praktisnya untuk mengekspresikan hubungan-hubungan kuantitatif dan
keruangan sedangkan fungsi teoritisnya adalah untuk memudahkan berfikir.
Pengertian Pembelajaran
Pembelajaran
adalah suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan oleh guru guna
membelajarkan siswa (Syaiful Bahri Djamarah, 2002: 43). Erman Suherman (2003:
8) mengartikan pembelajaran sebagai upaya penataan lingkungan yang memberi
nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal. Menurut
Undang-Undang Sisdiknas tahun 2003 (Benny Susetyo, 2005: 167) pembelajaran
adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada
suatu lingkungan belajar. Peserta didik yang dimaksud adalah siswa dan pendidik
adalah guru. Menurut Sugihartono (2007: 81), pembelajaran adalah suatu upaya
yang dilakukan oleh guru untuk menyampaikan ilmu pengetahuan, mengorganisir,
dan menciptakan sistem lingkungan dengan berbagai metode sehingga siswa dapat
melakukan kegiatan belajar secara efektif dan efisien serta dengan hasil yang
optimal.
Pengertian Pembelajaran Matematika
Dari
penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika adalah
proses interaksi antara guru dan siswa yang melibatkan pengembangan pola
berfikir dan mengolah logika pada suatu lingkungan belajar yang sengaja
diciptakan oleh guru dengan berbagai metode agar program belajar matematika
tumbuh dan berkembang secara optimal dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar
secara efektif dan efisien.
Selain
interaksi yang baik antara guru dan siswa tersebut, faktor lain yang menentukan
keberhasilan pembelajaran matematika adalah bahan ajar yang digunakan dalam
proses pembelajaran tersebut.
http://www.kajianteori.com/2014/02/pengertian-pembelajaran-matematika.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar